Senin, 15 Agustus 2011

SAMBUTAN KETUA UMUM PEPADI PUSAT Pada Acara PEMBUKAAN FESTIVAL DALANG BOCAH TINGKAT NASIONAL 2011 DI MUSEUM BANK INDONESIA, KOTA, JAKARTA TANGGAL 21 JULI 2011

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Deputi Gubernur Bank Indonesia, Bapak Ardhayadi
Yth. Prof. DR. Dewi Fortuna Anwar, Deputi Seswapres Bidang Politik
Yang Mulia Duta Besar Negara Sahabat
Yth. Ketua Umum SENA WANGI sekaligus Chairman of APA Bapak Drs. H. Solichin
Yth. Pimpinan Perbankan Pemerintah dan Swasta
Yth. Ketua Dewan Kebijaksanaan SENA WANGI, Ibu Nani Soedarsono
Yth. Ketua Dewan Penasehat PEPADI Bapak Kodradi
Yth. Presiden UNIMA Bapak Samodra Sriwidjaya
Yth. Ketua PEPADI Provinsi dan Wilayah di DKI
Yth. Ketua PEPADI Provinsi yang lain
Yth. Para Pengasuh Sanggar-sanggar Pedalangan
Yang tercinta anak-anak ku para dalang bocah peserta
Hadirin / Hadirat Yth.

Pertama-tama kami panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah mengizinkan acara pembukaan Festival Dalang Bocah 2011 dapat dilaksanakan.

Kami PEPADI Pusat sebagai penyelenggara bersama Museum Bank Indonesia menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak-bapak Ibu-ibu pada acara ini.

Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan beberapa informasi sebagai berikut :

Festival Dalang Bocah yang kami selenggarakan ini adalah bertaraf nasional dan ini adalah Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional ke-3. Yang pertama dilaksanakan tahun 2008 di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta. Yang ke-2 tahun 2009 dilaksanakan ditempat yang sama di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta. Namun peresmian pembukaannya dilaksanakan di Istana Wakil Presiden oleh Wakil Presiden Bapak Prof. DR. Boediono dan sejak saat itu peserta dengan nilai tertinggi berhak mendapatkan piala bergilir Wakil Presiden. Piala Wakil Presiden tersebut akan terus digilirkan secara berkesinambungan. Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2011 ini mendapat dukungan penuh dari Bank Indonesia dan kami selenggarakan bekerjasama dengan Museum Bank Indonesia. Secara kebetulan hari tanggal 21 Juli 201 adalah hari Ulang Tahun Museum Bank Indonesia ke-2. Bagi kami kebersamaan tersebut adalah sebuah blessing in disguise karena sekaligus dapat merayakan HUT Museum Bank Indonesia. Festival Dalang Bocah tahun ini diikuti oleh 23 peserta dalang anak-anak umur 8 – 15 tahun yang berasal dari 10 Provinsi. Mereka adalah dalang anak yang merupakan unggulan dari Provinsi masing-masing. Festival Dalang Remaja Tingkat Nasional diselenggarakan setiap 3 tahun sekali dan Festival Dalang Remaja Tingkat Nasional berikutnya akan kami selenggarakan pada tanggal 20 – 22 Oktober 2011 mengiringi Kongres SENA WANGI yang ke-8. Festival Tingkat Nasional dilaksanakan berjenjang mulai dari festival di tingkat Kabupaten / Kota dan festival tingkat provinsi. Dengan demikian festival ini berdampak luas sampai ke Kabupaten / Kota. Festival Dalang adalah merupakan kompetisi diantara peserta, dimaksudkan untuk memberi motivasi dan menumbuhkan semangat kreatifitas diantara peserta yang terdiri dari anak-anak dan remaja. Kegiatan ini merupakan regenerasi seniman pedalangan dalam rangka pelestarian budaya seni wayang. Disatu sisi kami menangani regenerasi seniman pedalangan antara lain melalui festival seperti yang sudah kami laporkan; namun demikian ada sisi lain yang perlu penanganan lebih serius yaitu regenrasi pecinta wayang atau penonton wayang. Untuk menangani regenerasi pecinta wayang tidak bisa hanya dilakukan oleh PEPADI dan SENA WANGI tetapi hal ini akan merupakan ranah system pendidikan Indonesia. Menurut hemat kami pengetahuan dan penghayatan tentang budaya pewayangan harus melalui pendidikan formal dan non formal. Oleh karena itu dukungan Pemerintah sangat diharapkan agar pengenalan budaya seni wayang dapat masuk sistem pendidikan Indonesia.

Kecintaan anak-anak/remaja kepada seni pewayangan perlu juga dibangun lingkungan yang kondusif seperti siaran pertunjukan wayang di media TV / radio dan banyaknya pergelaran wayang.

Bapak / Ibu Yth.

Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia yang telah memberikan dukungan penuh dan memfasilitasi kegiatan Festival Dalang Bocah 2011 ini dengan menyediakan Museum Bank Indonesia sebagai tempat festival dan Gedung Learning Centre ex Dekranas untuk acara penutupan.

Kami sampaikan juga banyak terima kasih kepada para sponsor yang tidak dapat kami sebutkan namanya satu persatu semoga program-program pelestarian budaya wayang akan terus mendapat dukungan secara berkesinambungan.

Kepada Museum Bank Indonesia dan segenap jajaran pejabat dan staf, teman-teman yang tergabung dalam panitia PEPADI, SENA WANGI tidak lupa kami sampaikan ucapan terima kasih atas kerja kerasnya sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik.

Demikian yang perlu kami sampaikan atas perhatian Bapak Ibu kami ucapkan banyak terima kasih, mohon maaf atas hal-hal yang yang kurang berkenan.

Wassalam,
Ekotjipto SH

Tidak ada komentar: